1.
Mengapa pembelajaran disebut juga sebagai proses
komunikasi ?Jawab:
Pengertian komunikasi dilihat dari segi bahasa,
komunikasi berasal dari bahasa Latin communicare yang mempunyai arti sama. Dalam
bahasa Inggris, komunikasi berasal dari kata communication yang
mempunyai makna upaya untuk membuat pendapat, menyatakan perasaan, menyampaikan informasi agar dipahami / diketahui oleh orang lain.
mempunyai makna upaya untuk membuat pendapat, menyatakan perasaan, menyampaikan informasi agar dipahami / diketahui oleh orang lain.
a.
Menurut James, A.F. stoner dan charres wanker
(1989) komunikasi adalah suatu cara manusia berhubungan yang meribatkan
pengertian atau maksud dengan syalat mereka perru setuju dengan definisi,
istirah-istilah yang mereka gunakan berdasarkan sesuatu yang simborik seperti
isyalat, nomor, dan perkataan yang merambangkan atau menyerupai ide-ide yang
dapat menyampaikan maksud.
b.
Menurut Davis (1999 bahwa komunikasi adalah
pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain.
Pembelajaran disebut juga sebagai alat komunikasi Jika
kita mengamati berbagai praktek pembelajaran yang dilaksanakan oleh para guru,
akan dapat di jumpai gejala beranekaragaman. Keanekaragaman itu terjadi, baik
pada tingkah laku guru, siswa maupun situasi kelas. Secara umum gejala yang
dapat diamati dapat dikelompokkan kedalam tiga kelompok utama, yaitu:
a.
Guru berperan sebagai pembimbing belajar, namun
proses pemberian bimbingan bersifat lebih bebas, tanpa mengarahkan. Siswa
berupaya sendiri memenuhi kebutuhan tentang apa yang ingin dipelajari. Setiap
siswa dapat secara bebas memilih materi pembelajaran apa yang ingin dipelajari.
Dalam hal ini guru hanya memberi dorongan atau semangat dari belakang, namun
praktek pemberian dorongan itu bukan dalam arti luas, tetapi disesuaikan dengan
tujuan yang menjadi acuan, yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Dari uraian
diatas dapat kita simpulkan bahwa pembelajaran disebut juga sebagai proses
komunikasi, karena dalam penyampaian materi dengan menggunakan berbagai cara,
komunikasi antara guru dan siswa mutlak diperlukan agar apa yang ingin kita
sarnpaikan kepada anak didik dapat diterima dan diserap dengan baik, serta
tujuan yang ingin dicapai oleh seorang guru juga dapat terlaksana. Hal ini
disebabkan, pembelajaranpada hakekatnya merupakan suatu proses yang kompleks
(rumit), namun dengan tujuan yang sama yaitu memberi pengalaman belajar kepada
siswa sesuai dengan tujuan.
b.
Guru menyampaikan materi pelajaran dengan
menciptakan situasi dan kondisi belajar yang memungkinkan siswa dapat
memperoleh pengalaman belaiar sesuai dengan tujuan. Oleh karena tujuan yang
hendak dicapai itu beraneka ragam, maka situasi pembelajaranpun beraneka ragam
pula. Peran guru dalam pembelajaran ini sebagai seorang yang selalu berupaya
untuk memberikan rangsangan (stimulus) agar siswanya mau mempelajari suatu
materi pelajaran tertentu. Pada saat siswa melakukan proses belajar, guru
membimbing atau membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi sehingga yang
bersangkutan mampu memecahkannya. Disamping itupun guru mengarahkan siswa
belajar, sehingga dapat mencapai tujuan dan diapun selalu berupaya agar
siswanya selalu termotivasi untuk belajar.Dengan cara ini siswa lebih aktif
dalam belaiar dan kegiatannya pun beraneka ragam.
c.
Guru menyampaikan materi pelajaran semata-mata.
Disini guru berperan sebagai penyampai materi pelajaran. Situasi kelas pada proses
pembelajaran bersifat pasif dan verbalitas, yaitu siswa hanya diberi atau
menerima dan guru melaksanakan pengajaran dengan penuturan (verbal)
semata-mata.
Kenyataan yang dijumpai dalam prektek seringkali
menunjukkan gejala bahwa proses pembelajaan yang dilaksanakan oleh seorang gutu
menunjukkan keadaan yang "begitu-begitu saja" dari hari kehari, atau
unfuk materi pembelajaran apapun yang diajarkan (monoton). Ini menunjukkan
betapa pentingnya komunikasi antara guru dan siswa, demi terciptanya suasana belajar
yang dapat meningkatkan motivasi anak sehingga anak terpacu lebih giat belajar,
sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
Sedangkan pengertian komunikasi dalam kegiatan
sehari-hari dapat diartikan sebagai proses pengiriman dan penerimaan informasi
atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan
yang dimaksud dapat dimengerti. Dalam penyampaian atau penerimaan informasi ada
dua pihak yang terlibat yaitu :
a.
Komunikan : orang atau kerompok orang yang
menerima pesan.
b.
Komunikator: Orang atau kelompok orang yang
menyampaikan informasi atau pesan
Dalam berkomunikasi keberhasilan komunikator atau komunikan
sangat ditentukan oleh beberapa faktor yaitu :
1)
Cakap
2)
pengetahuan
3)
Sikap
4)
Sistem Sosial
5)
Kondisi tahiriah
2.
Jelaskan dampak positif dan Negatif Teknologi
komunikasi dalam bidang pendidikan ?
Jawab:
Berbicara masalah positif dan negatif, semua hal pasti
dapat menimbulkan dampak positif maupun negative karena segara sebab - akan ada
akibat.
Secara umum Teknologi komunikasi dapat memberikan
manfaat yang begitu besar dalam bidang pendidikan tetapi di rain pihak Teknologi
komunikasi menjadi suatu media informasi yang tidak mudah untuk di batasi
sehingga berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk dan tujuan bercampur menjadi
satu drmana untuk mengaksesnya hanya perru satu sentuhan jari saja dan
berdampak kepada ekses positif maupun negative kembari pada para penggunanya,
bagaimana mereka memanfaatkan suatu Teknologi komunkasi.
Teknologi komunikasi (internet) dapat menjadi motivator
terhadap perajar untu terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai
penghancur (generasi muda) yang mana anak-anak dan remaja adalah makhruk yang
rentan terhadap perubahan disekitarnya sehingga dibutuhkan pengawasan.
Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan
lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih
mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada
yang rainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal
yang negatif justru sebariknya, dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh
kemudahan dan kayaan informasi dari teknologi komunikasi itu sendiri.
Penemuan macam-macam alat dan mesin mempengaruhi dan
mengubah cara hidup, norrna-norrn4 dan cara berpikir dan cara kerja manusia.
Alat-alat teknologi juga mempengaruhi pendididkan, antara lain metode
penyampaian dan juga cara penilaian. Alat-alat pengajaran kebanyakan tidak
diciptakan khusus untuk keperluan pengajaran, kecuali mesin belajar. Selain itu
pengajaran memanfaatkan hasil teknologi seperti film, radio, TV, computer, dan
sebagainya.
Adanya alat pendidikan yang serba lengkap belum tentu
menjamin pemanfaatannya dalam pendidikan. Sering terjadi gap antara "hard
ware" dan " software". Banyaknya ragam alat pendidikan juga
menimbulkan kesulitan untuk memmilih atalyang mana yang serasi untuk bahan
pelajaran tertentu.
Untuk memanfaatkan alat teknologi pendidikan diperlukan
keterampilan dari pihak guru serta sikap positif terhadap perkembangan alat
teknologi pendidikan. Alat teknologi pendidikan , betapapun majunya senantiasa
memerlukan peranan guru, sekalipun mengubah peranan itu. Sejak dulu kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempengaruhi pendidikan nanmun pengaruhnya
bertambah pesat sejak 1950-an
Terlepas dari dampak yang mungkin akan timbul, internet
tetap merupakan suatu Teknologi komunikasi baru dibidang komputer dan
komunikasi yang mampu memberikan berbaga kemudahan bagi para pemaikainya.
Kedepan dapat dipastikan bahwa internet akan menjadi tulang punggung
perkembangan komputer dan teknologi komunikasi dalam pendidikan.
Dampak positif teknologi
komunikasi dalam bidang pendidikan
Teknologi komunikasi seperti internet merupakan suatu alat
teknologi yang paring banyak digunakan dimana setiap pengguna dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia merarui media pertukaran
data dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan wrrvw (worrd wide web -
jaringan situs-situs (web) para pengguna internet di seruruh dunia dapat saring
bertukar informasi dengan cepat, murah dan sebagai media untuk mencari
informasiatau data yang penting dan akurat.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet
membuat manusia tahu apa saja yang terjadi dan bisa digunakan sebagai lahan
informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
Berdasarkan suvey di Amerika serikat membuktikan jika
berselancar di dunia maya, bermain game online, dan bermain situs jejaring
sosialjustru baik bagi perkembangan remaja. Digital youth Project yang disponsori
MacArthur Foundation selama tiga tahun berhasil membuktikan internet baik bagi
perkembangan remaja. Proyek yang dilakukan selama tiga tahun itu melibatkan 800
remaja dan orang tua untuk mengetahui peningkatan kemampuan teknologi remaja. Hal
ini juga mematahkan anggapan para orang tua yang menyatakan bermain internet
hanya membuang waktu saja.
Teknologi komunuikasi secara khusus sangat bermanfaat
bagi dunia pendidikan karena memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi,
dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari
secara nyata. melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah
wawasan, berkomunikasi jarak jauh dan juga mencari informasi yang sangat kita
butuhkan. Dalam dunia pendidikan internet dapat membantu siswa untuk mengakses
berbagai informasi dan ilmu pengetahuan serta sharing riset antar siswa
terutama dengan mereka yang berjauhan dari tempat tinggalnya.
Dampak negatif Teknologi
komunikasi dalam bidang pendidikan
Kemudahan akses informasi dari Teknologi komunikasi dan
kebebasan dalam penggunannya dapat berdampak kepada penyalahgunaan terhadap
fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila.
Para pelajar yang baru mengenal internet biasanya
menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh. seperti
gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat
"asusila" lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari
siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya
terhadap proses pemberajaran disekolah meskipun tidak semua siswa merakukan hal
yang demikian.
Secara umum dampak negatif teknologi komunikasi :
1.
Cybercrime seperti :
Hacking - Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksprorasi
atupun mencari keremahan system jaringan.cracking - Usaha memasuki secara
iilegar sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan fire
yang di simpan padap jaringan tersebut.
2.
Pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan
dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
3.
Violence And Gore (kekejaman dan kesadisan yang ditampilkan)
karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para
pemirik situs menggunakan segara macam cara agar dapat 'menjual' situs mereka,
salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
4.
Penipuan dan kejahatan carding (kartu kredit),
5.
Perjudian,
6.
Mengurangi sifat sosiar manusia karena cenderung
lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara rangsung (face to
face).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar